Sambut Ramadhan 1443 Hijriah, Bukittinggi Izinkan Pedagang Buka Pasar Pabukoan

    Sambut Ramadhan 1443 Hijriah, Bukittinggi Izinkan Pedagang Buka Pasar Pabukoan

    BUKITTINGGI, - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengizinkan masyarakat pedagang untuk membuka pasar pabukoan secara mandiri saat memyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

    "Masyarakat diberikan kewenangan untuk membuka dan mendirikan Pasar Pabukoan secara mandiri ataupun kelompok, " kata Kabid pengelolaan Pasar Bukittinggi, Hendra Hatta, kepada wartawan Kamis (31/3/2022).

    Saat ini, kata Hendra, telah ada rencana masyarakat untuk membuka Pasar Pabukoan di kawasan Simpang Aur Kuning dan Belakang Balok.

    "Jika ada area yang luas dan memungkinan masyarakat untuk berjualan takjil silahkan dibuka tentunya dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah dan mematuhi protokol kesehatan dan patuhi lalu lintas, " ungkapnya.

    Ia menambahkan Pemko tidak membuat Pasa Pabukoan sendiri, namun akan memfasilitasi tempat jika ada masyarakat atau kelompok yang ingin mendirikan Pasa Pabukoan, seperti di Pasar Bawah, Aur Kuning, dan lokasi yang berada dibawah pengelolaan dinas Pasar Kota Bukittinggi.

    "Tempat dan titiknya kita yang tentukan dan kita fasilitasi, " sebutnya.

    Sementara itu, beberapa tahun silam, sebelum terbakarnya Pasa Ateh di tahun 2017, biasanya Pemko Bukittinggi menyedia area Pasar Pabukoan di kawasan Pasa Ateh Jalan Minangkabau atau samping exs bioskop Gloria Bukittinggi.

    Lokasi ini selalu ramai dikunjungi masyarakat jelang berbuka untuk berburu takjil dan menjadi pusat Pasa Pabukoan di Bukittinggi.

    Namun pasca kebakaran Pasa Ateh 2017 lalu hingga sekarang tidak ada lagi Pasar Pabukoan di area tersebut dan masyarakat lebih memilih membuka Pasa Pabukoan secara mandiri yang dikelola suatu kelompok.(*)

    Afrizal

    Afrizal

    Artikel Sebelumnya

    Pemko Bukittinggi Gelar HKG PKK ke-50, HUT...

    Artikel Berikutnya

    Kunjungan Mendadak, Wakil Ketua DPRD Nur...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami